Beranda | Artikel
Hakikat Cinta dan Benci dalam Islam (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)
Rabu, 11 Desember 2013

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hakikat Cinta dan Benci dalam Islam

Dalam kajian ini, saya (Ustadz Abdullah Taslim, Ed) akan meringkas sebuah pembahasan yang disampaikan oleh Imam Ahlus Sunnah, Imam Ibnul Qayyim bin Syamsuddin Al-Jauziyyah dalam kitab beliau, Fawaidul Fawaid, tentang salah satu makna dari surga dunia, tentang salah satu sebab yang menjadikan hati orang yang beriman tenang.

Orang yang mengenal Allah Subahanahu wa Ta’ala dengan kesempurnaan rahmatNya dan kebaikanNya merasa hatinya beristirahat, tidak memikirkan berbagai macam resiko, dan pasrah kepada pilihan dari Dzat yang Maha Mengetahui segala sesuatu sebelum maupun sesudah terjadinya, dibandingkan dengan seseorang yang menyibukkan pikirannya padahal dia tidak mengetahui akibat dari segala sesuatu. Itulah keadaan manusia.

Maka dari itu, agama Islam mengajarkan kepada kita, sebab yang akan menjadikan hati kita tenang dalam segala bentuk keyakinan yang diajarkan dalam Islam. Allah Subhanahu wa Ta’ala yang menurunkan agamanya, Maha Mengetahui, bahwa manusia membutuhkan sesuatu yang menjadikan diri mereka hidup dalam kebahagiaan dan kegembiraan, asal mereka tahu dan mau menempuh cara yang ditentukan dalam syariat Islam tersebut.

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang disebutkan dalam Al-Qur’an, ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan tentang pensyariatan jihad.

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تَكْرَهُواْ شَيْئاً وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّواْ شَيْئاً وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ (البقرة: ٢١٦)

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 216)

Simak penjelasan lebih lanjut dari taushiyah berharga dan menenteramkan jiwa bersama Ustadz Abdullah Taslim, M.A.. Silakan download MP3 ceramah agama Islamnya.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abdullah Taslim – Hakikat Cinta dan Benci dalam Islam

Mari bagikan kepada saudara-saudara kita. Silakan gunakan menu media sosial (like, tweet, dan +1) yang telah disediakan untuk berbagi ke media sosial. Jazakumullahu khoiron.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/4625-hakikat-cinta-dan-benci-dalam-islam-ustadz-abdullah-taslim-m/